Google Absorpsi | Dark Wizard of Scientist

May 12, 2014

Absorpsi

Absorpsi
Absorpsi atau penyerapan adalah suatu fenomena fisik atau kimiawi atau suatu proses sewaktu atom, molekul, atau ion memasuki suatu fase limbak (bulk) lain yang bisa berupa gas, cairan ataupun padatan. Proses ini berbeda dengan adsorpsi karena pengikatan molekul dilakukan melalui volume dan bukan permukaan.

Absorpsi merupakan salah satu operasi pemisahan dalam industry kimia dimana suatu campuran gas dikontakkan dengan suatu cairan penyerap yang sesuai, sehingga satu atau lebih komponen dalam campuran gas larut dalam cairan penyerap. Absorpsi dapat berlangsung dalam dua macam proses, yaitu absorpsi fisik atau absorpsi kimia.

Absorpsi fisik merupakan absorpsi dimana gas terlarut dalam cairan penyerap tanpa disertai kimia. Absorpsi gas H2S dengan air, methanol, atau propilen karbonat merupakan contoh yang baik untuk peristiwa ini yang sering dijumpai di industri kimia. Penyerapan gas oleh pelarut terjadi karena adanya interaksi fisik. Absorpsi kimia dalam fase cair sering digunakan untuk mengeluarkan zat terlarut dengan lebih sempurna dari campuran gas nya. 

Peristiwa absorpsi biasanya diikuti dengan peristiwa stripping untuk melepaskan kembali gas yang terserap. Faktor absorpsi ditentukan oleh banyaknya volume pori-pori dalam bahan sehingga demikian dapat terjadi penyerapan karena dengan adanya halangan yang diakibatkan oleh partikel yang terjebak dan menutup lubang pori semula, maka ukuran pori yang efektif yang berfungsi akan semakin mengecil, sehingga partikel lebih kecil akan bisa tertangkap. (Manalu, 2010)

Judul : Absorpsi
Disusun Oleh : Fisika Universitas Negeri Medan
Technorati Tags: Science
Share this post

0 comments

Comment & suggestion....

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2013 Dark Wizard of Scientist
Original Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSS Comments RSS
Back to top