Google Jenis Tulisan Ilmiah | Dark Wizard of Scientist

October 19, 2013

Jenis Tulisan Ilmiah

Jenis - Jenis Tulisan Ilmiah

Makalah

Tulisan resmi yang mengkaji suatu sub-bahasan / permasalahan oleh orang yang ahli pada bidangnya (sesuai dengan permasalahan yang dibahas) yang hasilnya akan dipublikasikan dan disampaikan secara tuntas mengenai pembahasan tersebut di muka umum, dan hasil dari pembahasan tersebut akan dipertanggung jawabkan oleh penulis.

Skripsi

Karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Skripsi wajib dikerjakan oleh mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa tersebut dapat memahami dan mempraktekkan suatu penelitian yang telah dipelajari selama dibangku perkuliahan, mengerjakan skripsi membutuhkan bantuan dari dosen pembimbing, tugas dari dosen pembimbing tersebut untuk memberi arahan dan petunjuk kepada mahasiswa dalam pengerjaan skripsinya serta menjadi konsultan dari mahasiswa tersebut agar mahasiswa dapat menghasilkan suatu skripsi yang sesuai dengan cara yang telah dibakukan dan sesuai dengan teori yang ada.

Tesis

Pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen - argumen untuk dikemukakan, khususnya berupa karangan untuk mendapatkan suatu gelar kesarjanaan pada suatu universitas. Tesis merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi.

Disertasi

Karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor. Di dalam disertasi dituntut untuk memberikan sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan.

Laporan Penelitian

Suatu karya ilmiah yang ditulis setelah penulis melakukan suatu penelitian yang didalamnya telah melakukan suatu eksperimen ataupun pengamatan terhadap suatu masalah / bahasan dengan melakukan tes dan pengukuran. Laporan penelitian merupakan suatu rangkuman dari hasil selama meneliti suatu permasalahan, laporan penelitian harus ditulis secara jujur sesuai dengan apa yang telah dilakukan pada penelitiannya baik hasil maupun pengaruh yang telah ditemukan dalam penelitiannya. Orang yang menulis suatu laporan penelitian harus mempunyai kemampuan dalam menulis laporan, karena harus sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Laporan Khusus

Suatu tulisan yang dikerjakan setelah melihat suatu kejadian permasalahan, tujuan dari ditulisnya laporan kasus adalah untuk menceritakan secara lengkap dan jelas mengenai apa yang telah dilihat dari suatu masalah. Didalam laporan kasus penulis tidak perlu memberikan laporan mengenai cara-cara dalam menyelesaikan suatu permasalahan tersebut, namun hanya menyampaikan secara detail apa yang telah dilihat saja.

Laporan Tinjauan

Suatu tulisan yang dikerkajan untuk disampaikan kepada lembaga atau umum berdasarkan hasil pengamatan terhadap hal yang telah diteliti, laporan tinjauan berbeda dengan laporan penelitian karena dalam melakukan suatu penelitian tidak melakukan tes dan pengukuran secara langsung terhadap hal yang telah diteliti tersebut, akan tetapi hanya melakukan pengamatan terhadap suatu hal yang telah diteliti tersebut.

Monograf

Tulisan (karangan, uraian) mengenai satu bagian dari suatu ilmu atau mengenai suatu masalah tertentu. Monograf ditulis dengan tujuan untuk memberikan keterangan kepada pembaca, agar pembaca dapat mengerti mengenai apa yang telah ditulis oleh penulis. Isi dari monograf harus saling berkaitan dari satu bab ke bab yang lain, monograf merupakan suatu karya ilmiah dan sasarannyapun ditujukan kepada orang-orang yang mempunyai pemikiran yang berdasarkan keilmuan.

Referat

Kertas kerja yang disampaikan dalam pertemuan ilmiah (seminar, konferensi).

Kabilitasi

Tulisan dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada publik, yang dilakukan pada acara tertentu. Biasanya kabilitasi terbit setiap Minggu sekali atau satu bulan sekali dalam suatu pertemuan rutin.

Surat Pembaca

Tulisan yang dibuat oleh orang yang telah membaca suatu buku, majalah atau koran yang akan dikirimkan kepihak produksi/redaksi untuk memberikan respon mengenai suatu hal yang telah dibaca di buku atau majalah tersebut.


Disusun Oleh : Dewi Fatmawati
Sumber : Dewi Fatmawati
Technorati Tags: 
Share this post

0 comments

Comment & suggestion....

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2013 Dark Wizard of Scientist
Original Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSS Comments RSS
Back to top